Jumat, 26 April 2013

Rakernis Pemantauan Kualitas Air Sungai Tahun 2013


RAKERNIS PEMANTAUAN KUALITAS AIR SUNGAI TINGKAT NASIONAL
DI PROVINSI SULAWESI BARAT

Menjadi sebuah terobosan baru dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat khusunya Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat yakni dengan kesediaannya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Teknis Pemantauan Kualitas Air Sungai tingkat Nasional yang dihadiri oleh Instansi pengelola lingkungan hidup dari 33 provinsi di Indonesia. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bahwa walaupun di usianya yang masih muda belia yakni baru 7 tahun, akan tetapi Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat mampu menyelenggarakan iven nasional.
Kegiatan Rakernis Pemantauan Kualitas Air Sungai ini berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 25 - 28 Maret 2013 dengan jumah peserta kurang lebih 70 orang yang terdiri dari perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Pusat Pengelolaan Ekoregion KLH dari seluruh Indonesia, Perwakilan BLH dari masing-masing Provinsi, Perwakilan dari BLHD Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Barat dan Tim BLH Provinsi Sulawesi Barat sebagai Panitia Peyelenggara yang di pimpin langsung oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat Bpk. H. Muhammad Sarjan, SH, M.Si.
Adapun kronologis rangkaian kegiatan dari seluruh pelaksanaan Rakernis Tersebut adalah sebagai berikut :
 Senin, 25 Maret 2013
Hari pertama dimulai dengan penjemputan seluruh peserta Rakernis di Bandar Udara Tampa Padang. Dalam robongan peserta tersebut dipimpn langsung oleh Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Kementerian Lingkungan Hidup yakni Bpk. Dr. Hendry Bastaman yang secara resmi diterima oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat diiringi dengan tarian selamat datang dari Kabupaten Mamuju yang dipersembahkan oleh sanggar tari SLTA Negeri 1 Mamuju.
Pada malam harinya dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara seluruh peserta dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang diwakili oleh Asisten I Bidang Tata Praja Bpk. Drs. Nur Alam Tahir, MM bertempat di aula Pertemuan Hotel d’Maleo.
Selasa, 26 Maret 2013
Hari kedua diawali dengan pembukaan acara Rakernis secara resmi yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Acara pembukaan diawali dengan persembahan tarian dari Sanggar Tari SLTA Negeri 1 Mamuju. Acara selanjutnya adalah laporan ketua Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Pusarpedal KLH Jakarta. Usai laporan dari ketua paniti dialjutkan dengan sambutan ucapan selamat datang dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat Bpk. H. Aladin S. Mengga. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan potensi-potensi sumber daya alam khususnya sumber daya air sungai yang ada di Sulawesi Barat, sekaligus mengucapkan limpah terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup yang telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Sulawesi Barat menjadi tuan rumah.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Bpk. Dr. Hendry Bastaman yang menyampaikan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup RI. Dalam sambutan tertulisnya Menteri Lingkungan Hidup RI Bpk. Prof. Dr. Balthasar Kambuaya mengharapkan agar dalam program kerja kedepan sangat diharapkan agar Pemerintah Daerah seluruh Indonesia dapat lebih memperhatian kualitas air sungai yang pada dasarnya menjadi salah satu urat nadi kelangsungan hidup dari manusia dan makhluk hidup lainnya.
Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan demonstrasi pengambilan sample air sungai yang berlokasi di Sungai Karema – Mamuju yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Deputi dari KLH dan seluruh peserta. Usai kegiatan demonstrasi, dilanjurkan dengan Peresmian Laboratorium Lingkungan Hidup di Kantor Bapedalda Kabupaten Mamuju sebagai simbolitas peresmian Laboratorium untuk semua Kabupaten lainnya di Sulawesi Barat.
Usai acara peresmian dilanjutkan dengan acara istirahat siang di hotel d’Maleo, Mamuju – Sulawesi Barat. Setelah istirahat siang dilanjutkan dengan acara inti yakni Rapat Kerja Teknis Pemantauan Kualitas Air Sungai di 33 Provinsi se-Indonesia. Acara pertama diawali dengan evaluasi pelaksanaan Pemantauan Kualitas Air Sungai Tahun 2012 yang telah di laksanakan oleh masing-masing Provinsi yang dipaparkan oleh Ir. Hari Wahyudi (Kepala Pusarpedal KLH Jakarta). Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat Bpk. H. Muhammad Sarja, SH, M.Si yang memaparkan hasil pemantauan Kualitas Air Sungai di Sulawesi Barat untuk tahun 2012. Untuk keetiga narasumber berikutnya, masing-masing menyampaikan tentang Kebijakan, Petunjuk Teknis dan implementasi pelaksanaan Pemantauan Kualitas air Sungai untuk Tahun 2013.
Setelah pemaparan dari masing-masing narasumber, dilanjutkan dengan dikusi kelompok yang dibagi berdasarkan wilayah kerja masing-masing ekoregion yang membahas tentang kebijakan teknis, program kerja dan perencanaan kerja untuk tahun 2014 yang akan datang. Hasil diskusi dari masing-masing kelompok dirumuskan oleh tim perumus yang telah ditunjuk dan diplenokan untuk disepakati oleh seluruh peserta Rakernis.
Rabu, 27 Maret 2013
Hari ketiga, Rabu 27 Maret 2013 dilanjutkan dengan acara Field Trip yang dilaksanakan di Pantai Wisata Lombang-Lombang. Pantai Wisata Lombang-Lombang sengaja dipilih untuk memperkenalkan potensi wisata di Sulawesi Barat sebagai daerah yang berada di Pesisir Pantai dengan potensi Pariwisata Maritim yang sangat luas. Dalam acara field trip tersebut juga diperkenalkan berbagai macam makanan khas Sulawesi Barat dari masing-masing Kabupaten.
Acara field trip tersebut dirngkaikan dengan penutupan seluruh rangkaian acara yang diisi dengan acara ramah tamah dan diselingi dengan lantunan lagu dari beberapa peserta dan panitia
Kamis, 28 Maret 2013
Kamis, 28 Maret 2013 adalah akhir dari seluruh rangkaian kegiatan dengan mengantar seluruh peserta rakernis ke Bandara Tampa Padang untuk kembali ke daerah Masing-Masing.

Sebagai kesimpulan bahwa acara Rakernis Pemantauan Kualitas Air Sungai tingkat Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Sulawessi Barat dapat berjalan dengan baik dan sukses. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan yang cuku lancer dan terorganisasi tanpa adanya hambatan-hambatan. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat khususnya Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat bahwa di usianya yang masih muda belia, namun sudah mampu melaksanakan kegiatan yang berskala Nasional. Hal ini dapat tercapai berkat kerjasama dari berbagai pihak, baik dari Kementerian Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah beserta jajarannya dan terlebih khusus seluruh anggota panitia yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Sebagai penutup, ucapat terima kasih yang setinggi-tingginya disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup RI yang telah memberikan kesempatan kepada Provinsi Sulawesi Barat sebagai penyelenggara kegaitan. Juga tak lupa atas nama Panitia mengucapkan limpah terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang telah mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini dan yang tak kalah pentingnya adalah seluruh peserta yang sudah berkenan hadir di Provinsi Sulawesi Barat untuk mengikuti Rakernis ini. Kepada segenap anggota paitia, terima kasih atas segala kerjasamanya sehingga semuanya bias berjalan dengan lancar dan sukses untuk kita semua. Semoga pada kesempatan berikutnya kita dapat menjalin kerjasama kembali pada tugas dan kesempatan lain. Proficiat.

By. Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar