Senin, 01 Juli 2013

Hari Lingkungan Hidup Prov. Sulbar Tahun 2013.

PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA
PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2013
Sumarorong, 25 Juni 2013


Sejak tahun 2006, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat secara rutin telah menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diawali dengan upacara seremonial yang dihadiri Karateker Gubernur Sulawesi Barat saat itu (Bpk. Syamsul Arief Rifai). Kegiatan ruti ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengajak dan menghimbau seluruh lapisan masyarakat terutama bagi para pemangku kepentingan untuk mengedapankan aspek lingkungan dalam setiap kegiatan dan/atau jenis usaha yang dilakukan terutama dalam pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan.
Pada tanggal 3 Maret 2007, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat (saat itu masih Bapedalda) melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan SKPD yang menangani Lingkungan Hidup Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Barat untuk menetapkan Hari Lingkungan Hidup sebagai agenda tahunan yang wajib dilaksanakan dan di gilir pada masing-masing kabupaten setiap tahunnya.
Pada pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup pada tahun 2007 untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Mamuju setelah adanya penetapan untuk digilir per Kabupaten. Pada Pelaksanaan kegiatan kala itu dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat (H. M. Amri Sanusi).
Setelah beberapa kali pelaksanaan secara bergilir, maka pada tahun 2013 ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan maka pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulawesi Barat untuk tahun 2013 dilaksanakan di Kabupaten Mamasa. Berdasarkan hasil koordinas dengan pemerintah Kabupaten Mamasa, maka pelaksanaan hari kegiatan disepakati untuk dilaksanakan di Kecamatan Sumarorong, tepatnya di lokasi Bandara Sumarorong.
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2013 tingkat Provinsi Sulawesi Barat tepatnya dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Juni 2013 dengan mengusung tema nasional yakni ”Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan”.
Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Mamasa (Ramlan Badawi) dan Gubernur Sulawesi Barat (H. Anwar Adnan Saleh). Dalam sambutannya, Bupati Mamasa menyampaikan kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Mamasa yang saat ini sudah mulai menurun akibat kurangnya kepedulian masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup. Pada kesempatan ini pula, Bupati menyampaikan kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Mamasa yang sangat memprihatinkan (seperti ombak di daratan).
Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Mamasa, maka Gubernur Sulawesi Barat dalam sambutannya telah berjanji untuk memperbaiki infrastruktur jalan poros Polewali Malabo yang pada tahun 2013 ini telah disetujui menjadi jalan strategis nasional. Jika jalan dari Polewali Malabo sudah bagus, maka akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat yang secara tidak langsung juga berdampak pada perbaikan kualitas lingkungan.

Pelaksanaan Hari Lingkunangan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2013 ini dapat diselenggarakan berkat kerjasama Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat dengan Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Mamasa yang diisi  dengan berbagai kegiatan antara lain :
1.     Pemberian Penghargaan bagi Pembina dan Penyelamat Lingkungan tingkat Provinsi Sulawesi Barat.
2.    Pemberian penghargaan bagi sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Barat
3.    Penanaman Pohon dan Penyerahan Bibit Pohon Manggis kepada Masyarakat Sumarorong.
4.    Penyebarluasan informasi kepada masyarakat melalui pembagian stricker tentang tema peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2013.


Seluruh rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa sebagai ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan seraya memohon berkat untuk hari-hari selanjutnya, khusunya dalam berbagai upaya pengendalian dan perbaikan kualitas lingkungan. Akhir kegiatan ditutup dengan acara istirahat dalam santap siang bersama.

Post By. Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar